Sabtu, 16 April 2011

Driver VGA SIS di Linux Mint

saya selalu mengalami masalah setiap kali menginstall linux, khususnya di driver VGA. VGA yang saya gunakan adalah dari pabrikan SIS. Maklum komputer tua, komputer abad penjajahan hehehe . . .  Setiap kali saya meng-install driver yang saya download dari internet, Linux saya malahan tidak bisa lagi masuk ke mode GUI. Sempat bingung dan lumayan pusing juga ngakalinnya . . .


 jika anda mengalami masalah yang sama dengan saya yakni resulusi monitor yang mentok di 800x600, dan anda tidak berhasil menemukan driver yang cocok buat komputer atau Laptop anda, cobalah cara alternatif berikut :

langkah-langkahnya:

-buka terminal  masuk ke mode root dengan perintah sudo su

-ketik gedit /etc/X11/xorg.conf

-copy ini

Section "Device"
Identifier "Configured Video Device"
Driver "Vesa"
BusID "PCI:1:0:0"
EndSection

Section "Monitor"
Identifier "Configured Monitor"
Option "DPMS"
HorizSync 28-107
VertRefresh 43-90
EndSection

Section "Screen"
Identifier "Default Screen"
Monitor "Configured Monitor"
Device "Configured Video Device"
DefaultDepth 24
SubSection "Display"
Depth 24
Modes "1024x768" "800x600" "640x480"
EndSubSection
EndSection

-save terus restart,

di jamin resulusi monitor berubah, cara ini berhasil di ubuntu 10.10, linux mint 10(barusan saya coba).

Good Luck !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar