Jumat, 29 Juli 2011

Curhat LKS TKJ (Networking)

Sekedar curhat dulu ni gan, dulu ane kepilih mewakili sekolah buat lomba networking. kebetulan lombanya ntu bikin server pake debian. Setau ane yang lagi booming saat nut adalah debian 4 etch, so ane langsung nyari tu cd/dvd installernya, kalo donlot kelamaan lagian koneksi juga cenat cenut di sekolahan.

Dulu itu entah darimana ane dapat cd installerya debian 4 etch yang cuma 1 cd alias minimum installation. Mulailah ane beraksi pake debian 4 di lab praktikum sambil di bimbing sama pak Shidiq (guru networking ane). karena yang ane punya cuma cd minimum installation alias belom ada aplikasi-aplikasi yang bisa ane install buat keperluan server, mulailah sikit demi sikit ngumpulin paket-paket yang diperlukan dalam pembuatan server, sampai akhirnya paket tersebut terkumpul ane burn ke cd biar nantinya mudah waktu lomba.



waktu tehnical meeting, kan lombanya 1 provinsi tu jadi banyak peserta yang ikut. waktu itu setelah diskusi sama panitia terus teman-teman dari sekolah lain di ambil kesimpulan kalo peserta bebas menggunakan debian 3 woody atau 4 etch. kebetulan cuma ane sendiri yang pake debian 4 etch. waktu hari pertama kita semua mempersiapkan hal-hal yang diperlukan termasuk nginstall debiannya (Alhamdulillah lancar). Hari kedua barulah kita main di instalasi paket sama setting server, eh... ane kaget !!! bilik tempat ane ngerjain server didatangin sama panitia dan langsung bilang "ooo... kamu ternyata yang nginstall debian 4, soalnya ada laporan ada siswa yang nginstall debian 4", ane langsung bilang aja "pan kemarin diperbolehin nginstall debian 4???" eh si panitia jawab"kate siapa???", yang terjadi selanjutnya ane disuruh downgrade ke debian 3 woody, padahal ane gag bawa cd instalasinya. Terpaksa pinjem temen sebelah, untung mau minjemin (ternyata yang minjemin cd kemarin sekampus lagi sama ane gan, jadi malu :p). ya udah, burning cd nya, cd nya ada 8 biji, lumayan lama nunggu burningnya.

Peserta lain udah pada jauh, ane baru nginstall sistemnya :( tapi gag apalah ane tetep berjuang sampe akhir walopun ane yakin gag bakalan kekejar... hahahha,,, 

teeeet... waktu habis dan alhasil kerjaan ane belum selesai, masih ada fitur yang gag jalan seperti proxy server, mail server... otomatis waktu penjurian ane gagal dan kalah. wkwkwkwkwkk....
sebenarnya inti curhatan ini adalah :
  • kurangnya informasi yang didapat pada waktu pelaksanaan.
  • kurang transparannya sistem yang berjalan.
  • tidak konsisten dengan peraturan.
  • terus... yang paling penting, gimana caranya supaya kita meminimalisir penggunaan cd/dvd yang dipakai pada saat lomba. Contohnya aja tadi, ane harus burn 8 cd biar bisa nginstall aplikasi-aplikasi yang diperlukan buat bangun server. Padahalkan yang di butuhin cuma paket-paket tertentu aja, gag perlulah sampai semuanya. Kebetulan aja paket-paket tersebut berserakan didalam 8 keping cd tadi. 
Nah maksud ane, ane pengen buat tutorial gimana caranya biar kita gag perlu gunain 8 cd tadi alias kita tinggal comot paket-paket yang diperlukan terus kita masukin langsung kedalam cd installernya debian. Lumayankan kita ngehemat cd. Jadi nantinya didalam cd installer debian kita udah ada paket-paket yang diperlukan buat bangun server sesuai peraturan lomba. Caranya dengan membuilt ulang cd installer tersebut. untuk lebih jelasnya tunggu aja di tutorial berikutnya. :D

1 komentar:

  1. gan gimana cara built ulang cd install debiannya?
    bisa kasih tau atau buatin tutornya ga ? debian 6 yg ane pake

    BalasHapus